Review Euro MatchDay 1

Posted: June 13, 2012 in sepakbola

Setelah ujian semester yang baru saja berakhir kurang lebih berakhir 2 hari kebelakang dari waktu saya menulis artikel ini, saya pun sedikit bergembira hati.. bukan hanya saja selesai nya ujian semester yang mana membuka pintu menuju liburan yang panjang, melainkan tambahan yang sangat sempurna yaitu tak lain dan tak bukan adalah pergelaran Euro di tahun 2012 yang mana di selenggarakan di dua negara, yaitu Polandia dan Ukraina.

Pergelaran tahun ini sangat lah spesial bagi saya. mengingat tahun lalu saya tidak menyaksikan partai final antara jerman dan spanyol hanya di karenakan persoalan yang amat sangat sepele, ketiduran.

untuk prediksi sendiri, saya tadinya menjagokan belanda, prancis, spanyol, dan inggris. tetapi karena saya menulis tulisan ini setelah tim yang saya sebutkan sudah saya saksikan dan tidak menuai poin dan/atau permainan yang maksimal, saya meragukan ke-empatnya untuk menembus semi final. mengapa belanda jerman spanyol dan inggris?

Belanda, kita tak bisa menampik kesuburan van persie di liga domestik dan arjen robben serta rafael vander vaart. motivasi berlebih setelah ‘hanya’ menjadi finalis di piala dunia 2010 lalu. Tapi setelah match nya vs Denmark yang mana belanda kalah dengan skor tipis lewat gol tunggal krohn-dehli, belanda nampaknya sangat sulit untuk melangkah ke babak 8 besar yang di karena kan dimana Negara ini harus berhadapan dengan jerman dan Portugal demi meraih poin sempurna.

Prancis, entah yang betul francis atau prancis.. tetapi lidah saya lebih menyukai menyebut nya dengan awalan P. buat sebagian orang, tim ini tidak lagi di jagokan untuk menembus babak selanjut nya di euro kali ini berkelanjutan dari penampilan ‘si biru’ di piala dunia dua tahun lalu yang sangat amat mengecewakan penggemar nya. Dari partai yang saya saksikan melawan kurang lebih 24 jam lalu, saya bias menarik kesimpulan bahwa tim ini sangat berkembang pesat dari 2010 kemarin, 2 tahun yang mereka manfaatkan untuk memperbaiki kualitas tim mereka sangat terlihat di match kemarin, tertinggal dahulu melalui gol lescott, prancis tak tinggal diam. Semua pemain bergerak cepat di babak kedua (terkecuali Malouda yang tak saya lihat pergerakan nya). Samir nasri pun berhasil menjadi motor serangan terbukti di match ini dia berhasil mencetak gol penyama kedudukan dan juga menjadi pemain yang ‘complete passes’ nya paling banyak di match ini. Tetapi untuk partai selanjutnya mereka harus berbenah terutama lini depan yang tak kunjung berhasil menciptakan peluang berbahaya yang merepotkan penjaga gawang lawan.

Spanyol, saya sangat amat yakin bahwa banyak sekali orang di luar sana ataupun situs-situs taruhan bola yang menjagokan spanyol ini menjadi jawara di pehelatan kali ini. Dengan rata-rata pemain bintang yang mengisi skuad ini, tak heran jika spanyol menembus babak selanjutnya. Tetapi apa yang terjadi pada saat match melawan Italy? Sang arsitek tak menurunkan satu striker pun dari awal. Bermain dengan formasi yang bisa dibilang 4-6-0, fabregas iniesta dan silva pun di paksa bermain lebih kedepan sehingga menjadi 4-3-3. Dan pertanyaan lainnya, mengapa tim yang menguasai ball possession tidak dapat menciptakan banyak peluang? Dan mengapa tidak memainkan torres ataupun llorente sebagai pemecah kebuntuan? Apakah spanyol takut dengan lawan nya yang bermain memakai 5 gelandang nya di tengah?  Pertanyaan pertanyaan ini pun (mungkin) bisa di jawab saat match spanyol berikut nya.

Inggris, dengan sangat jujur.. saya bingung ingin menulis apa tentang inggris di paragraph ini… saat match melawan prancis, saya pun punya banyak pertanyaan yang tak kalah banyak dengan pertanyaan yang ada di atas paragraph ini.. lini tengah inggris yang dihuni scott parker dan steven gerrard pun Nampak terkunci dengan pergerakan tanpa bola samir maupun diarra. Dan lini depan? Jika saja evra tidak melanggar milner (kalau saya tidak salah), mungkin prancis lah yang akan membawa poin 3. need Rooney’s help, Hodgson?

Saya hanya menulis tulisan ini dengan melihat dan meninjau dari sisi luar nya saja, dan tulisan ini adalah argument saya dengan penuh, saya menulis tulisan ini sambil meminum kopi dan menyaksikan nasional anthem dari kesebelasan yunani dan rep.ceko. Dan saya harap pertandingan-pertandingan selanjutnya di MatchDay 2 dapat menjadi lebih seru sehingga memancing para penulis-penulis kreativ untuk mengulasnya dan menjadi bahan pembelajaran untuk pemula seperti saya dan lainnya, sekian.

Advertisements